Jumat, 20 Mei 2011

Tutorial 3D Studio Max

3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max bisa dilihat di usa.autodesk.com.

Sekilas

3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.

Metode Pemodelan

Ada 5 metode pemodelan dasar:
• Pemodelan dengan primitif
• NURMS(subdivision surfaces)
• Surface tool
• NURBS
• Pemodelan polygon

Pemodelan dengan primitif

Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, “cone”, silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut “pemodelan balon”.

Mental Ray

Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max yaitu “Default Scanline”. Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek Global Illumination dan Indirect Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.
Sumber : Wikipedia

Download Video Tutorial Gratis 3dsMax – Bahasa Indonesia ( Dasar ) :

Mengenal Tampilan Menu-Preview-Toolbar Pada 3dsMax
Mengenal Geometry-Standard Primitives Objects Di 3dsMax
Membuat Dan Memodifikasi Beberapa Objects Menggunakan Compound Objects Di 3dsMax
Mengenal Dan Membuat Shape Di 3dsMax
Mengenal Dan Membuat Modify Objects Di 3dsMax
Cara Memberi Pencahayaan-Lightning Pada Objects Di 3dsMax - Part1
Cara Memberi Pencahayaan-Lightning Pada Objects Di 3dsMax - Part2
Cara Memberi Material Pada Objects Di 3dsMax - Part1
Cara Memberi Material Pada Objects Di 3dsMax - Part2
Cara Memberi Material Pada Objects Di 3dsMax - Part3
Cara Membuat Text 3D Di 3dsMax - Part1
Cara Membuat Text 3D Di 3dsMax - Part2
Cara Membuat Text 3D Di 3dsMax - Part3
Cara Memberi Animasi Pada Objects Di 3dsMax - Part1
Cara Memberi Animasi Pada Objects Di 3dsMax - Part2
Cara Melakukan Rendering-Animasi di 3dsMax - Part1
 Cara Melakukan Rendering-Animasi di 3dsMax - Part2

password :asastudio.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar