Selasa, 05 Juli 2011

CARA MENAMBAHKAN MATERIAL DALAM OBJEK 3D



Hay sobat maya….
Nhe lanjutan dari tutorial kmaren…  kmaren kan membuat objek lathe… dan sekarang saatnya membuat objek late tersebut menjadi kelihatan lebih nyata… lets go.!!!
Pertama-kita buka program 3d max7 lalu kita buat objek lathe yang kita inginkan contoh saja objek yang minggu kemarin udah kita buat….













Selanjutnya kita bsa membuat material menggunakan fasilitas material yang ada di paket 3d max7. Caranya kita bisa pilih tool di atas yaitu material editor, atau shortcut-nya tinggal tekan M.














Setelah itu kita pilih salah satu tempat material yang ingin kita isi dengan material.














Lalu ikuti lankah-lankah berikut ini.

















Lalu centang Difuse color dan click tombol none maka muncul seperti ini














Lalu dobel click bitmap dan akan muncul menu lagi seprti ini













Lalu pilih di program C-->Program Files-->3ds max7-->scenes-->maps. Lalu kita pilh material apa yang akan kita pilih menutut objek yang kita buat.














Misalnya yang kita buat adalah pot bunga, saya pilih materialnya dari batu/stones-->benedeti-->open.














Lalu klik pada bagian yang sudah ditandai supaya hasilnya bisa langsung terlihat.














Lalu kita kembali ke menu awal material editor.
Lalu mimize pada perintah Maps supaya dapat terlihat bagian awalnya. Kemudian atur  specular level dan glossiness supaya objek terlihat mengkilat.














Dan inilah hasilnya….(render F9)


Semoga bermanfaat…. GBU…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar